Bagaimanakah cara memilih topik yang cocok untuk blog?

Share:

Baru merambah dunia blog?

 

Anda baru saja memulai blogging? 

Bingung yang harus dilakukan selanjutnya? 

Anda tinggal buat artikel sesuai topik blog anda dan publikasikan. Belum mempunyai topik untuk blog anda? 

Bagaimana cara memilih topik yang cocok untuk blog?


Pertanyaan-pertanyaan seperti itulah yang muncul di benak para blogger pemula, yang mesih bingung untuk memilih topik apa yang untuk di buat artikel di blognya.

Topik Blog
Topik artikel

Didalam sebuah blog itu membutuhkan topik untuk bisa mengelola blog anda. Topik memang penting dalam sebuah blog, kalau tidak ada topiknya blog anda akan membahas apa? Bingungkan!

Dengan anda menentukan topik, memudahkan anda dalam membuat artikel. Dalam sebuah blog memiliki satu topik, ada juga yang memiliki beberapa topik. Tapi saya saran kan ahanya satu topik untu satu blog. Ini supaya anda tidak bingung dalam membuat artikel dan fokus dalam satu topik saja.

Bingung memilih topik yang cocok untuk blog anda?

 

Semua orang yang baru memulai menjadi blog pasti bingung dalam menentukan topik untuk blognya. Tidak usah bingung, disini saya akan memberikan beberapa referensi untuk anda dalam menentukan topik untuk blog anda. Berikut topik yang saya sarankan untuk menjadi topik konten blog anda.

1.    Topik yang disukai atau bidang yang ditekuni dan anda kuasai.

 

Buatlah blog dengan topik kesukaan anda. Supaya anda lebih mudah, lebih menikmati, lebih menghayati dalam menulis artikel di blog anda. Misal, anda menyukai sepakbola, anda tinggal buat artikel megenanai sepakbola dan lain sebagainya. Anda suka treveling, anda bisa share artikel tentang tempat-tempat treveling yang cocok untuk buat liburan di akhir pekan/hari libur. Anda akan lebih enjoy dalam menulis artikel, jika anda memilih topik blog yang anda sukai.

2.    Topik yang sesuai dengan jurusan/bidang study yang anda ambil.

 

Pilihlah sesuai dengan bidang study/jurusan yang anda ambil. Supaya mudah dalam mencari materi unutk menyusun artikel. Misal, anda memilih jurusan komputer Anda tinggal buat artikel seputar komputer. Anda bisa menulis dari buku catatan anda tidak usah memikirkan terlalu dalam membuat artikel tinggal publikasikan saja. Anda bisa share materi pelajaran yang sesuai dengan topik blog anda ke teman-teman yang membutuhkan. Ilmu anda akan semakin bermanfaat jika di buat artikel dan di share.

3.    Topik yang sedang trending.

 

Anda bisa memilih topik yang sedang populer dikalangan masyarakat saat ini. Topik yang sedang hot-hotnya, yang sedang asik dibicarakan oleh semua orang. Contoh topik yang populer antara lain: teknologi, gedget, olahraga, berita, dan enterteinment. Jika anda termasuk orang yang selalu update setiap hari, setiap jam, setiap menit, maupun setiap detik, topik ini sangat cocok untuk anda dan menjadikan konten untuk blog anda.

4.    Topik yang banyak dicari.

 

Topik yang banyak dicari antara lain: teknologi, gedget, SEO, olahraga, cara/tutorial, blog, tips dan trik. Untuk teknologi dan gedget memang sekarang sedang jaya-jayanya dan selalu update, dan cocok untuk menjadi topik yang menarik untuk konten di blog anda. Teknik SEO ini merupakan topik yang banyak dicari oleh kalangan blogger. 

Untuk yang gemar olahraga topik ini sangat cocok skali dangan anda, sama seperti teknologi dan gedget, olahraga juga semakin maju dan selalu update. Tutorial/cara banyak dicari oleh blogger, tapi tidak dikalangan blogger saja , topik ini juga banyak dicari oleh youtuber. Topik blog mengacu seputar blog dan banyak dicari oleh orang yang ingin membuat blog. Tips dan trik banyak dicari oleh siapapun. 


Hanya itu sedikit saran topik untuk anda yang baru memulai blog. Semoga bermanfaat untuk anda, dan jika ingin bermanfaat untuk orang lain, jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman anda ya...!!!

Sekian dan terimakasih.

No comments